Selasa, 15 Januari 2019

Mengenalkan Kisah dalam Al Quran Kepada Anak dengan Cara Menyenangkan


Mak, pernah gak sih ngerasa kesel lihat anak lebih suka pegang gadget dibanding Al Quran? Kalau pernah, berarti sama. Saya mikir, kok anak lebih mencintai gadget sih dibanding Al Quran? 

Oh... ya pantas saja karena tampilan game di gadget tentu lebih menarik panca indera anak-anak dibanding mushaf Al Quran. Syukurnya sih, sekarang sudah banyak diproduksi Al Quran dengan cover yang menarik bagi anak-anak. 

Nah, mengenalkan Al Qur'an juga bisa melalui kisah dalam Al Quran lho. Siapa sih yang gak suka cerita? Anak-anak pasti suka. Tinggal bagaimana penulis menyajikannya.


Dalam Al qur’an telah disebutkan bahwa kisah dalam Al qur’an bukanlah dongeng atau cerita yang dibuat-buat. Namun isinya merupakan kebenaran, petunjuk dan rahmat bagi orang yang beriman.
Dengan alasan tersebut, saya ingin ketika anak-anak membaca buku 15 Cerita Ajaib Dalam Al Quran ini, mereka bisa menikmati kisah-kisahnya sehingga menimbulkan kesan yang mendalam di benak mereka hingga dewasa nanti.

Bagi umat muslim, Al Quran adalah manual of life, panduan hidup. Jika anak-anak telah familiar dengan Al Quran semenjak kecil dan mereka menyukai isi Al Al Quran, maka tentu jalan menuju memahami Al Quran lebih mendalam pun insyaAllah akan lebih mudah lagi.

Pada akhirnya, jika mereka telah memahami isi Al Quran, mudah-mudahan Al Quran benar-benar menjadi petunjuk dan rahmat bagi kehidupannya.

Proses Kreatif Penulisan Buku Anak "15 Cerita Ajaib dalam Al Quran"

Saya ingat betul awal proses pembuatan buku anak "15 Cerita Ajaib dalam Al Quran" ini. Waktu itu buku saya yang berjudul “Rasulullah saw. is The Best” baru saja terbit. Editor langsung menghubungi saya meminta outline untuk buku baru.
Tiba-tiba saja ide muncul! Ketika saya menyusun buku "Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul", saya banyak menemukan kisah-kisah menarik dalam Al Qur’an tapi bukan termasuk dalam cerita 25 nabi dan rasul. Waktu itu saya ingin sekali menuliskannya. Tapi tentunya saya harus menyelesaikan dulu isi buku tentang para nabi dan rasul itu.
Makanya pas diminta outline baru sekarang, tawaran dari Mas Editor ini benar-benar menjadi kesempatan menarik bagi saya untuk menulis buku yang saya idam-idamkan itu.
Pembuatan outline tidak memakan waktu lama, hanya beberapa jam saja. Saya kirim melalui inbox facebook dan langsung di-acc oleh Mas editor. Alhamdulillah.

via GIPHY

Namun jangan tanya proses penulisannya. Saya menulis buku hampir 6 bulanan. Saya tidak mau gegabah dong menulis cerita-cerita yang bersumber dari Al Qur’an. Sambil nyicil menulis, saya banyak membeli berbagai sumber referensi baik berupa buku, ebook maupun VCD untuk dapat menulis buku tersebut.

Ini antara lain sumber referensi utama yang saya gunakan:

Buku

  • Al Qur’anul Karim, New Miracle The Reference, Syaamil Qur’an
  • Rangkaian Cerita dalam Al Qur’an, Bey Arifin, Cetakan  20, PT Al Ma’arif
  • Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul, Yas Marina, Salamadani, Cetakan 3, Februari 2014
  • Palestina-Zionisme dan Terorisme Israel, Harun Yahya, Dzikra, Mei 2005
  • Indeks Al Qur’an, Sukmadjaja Asyarie dan Rosy Yusuf, Penerbit Pustaka, 1948
  • Teka-Teki Nabi Isa, Syaikh Dr. Abdullah bin Abdurrahman al-Jibrin, Penerbit Multazam, Maret 2009
  • Isra’ Mi’raj, Ibnu Hajar al-Asqalani & Imam as-Suyuthi, Qisthi Press, Cetakan 12, Juli 2010
  • Jejak Yakjuj dan Makjuj dalam Inkripsi Yahudi, Wisnu Sasongko, Penerbit Hikmah, Jakarta: Mei 2010
  • Tafsir Ibnu Katsir, Pelita yang Menerangi dari Salah Satu Karya Besar dan Referensi Utama Kaum Muslim dalam Memahami Al Qur’an, Syaikh Shafiyurrahman Al Mubarakfury, Arkanleema

Ebook

  • Jejak Bangsa-Bangsa Terdahulu, Harun Yahya
  • Hari Akhir dan Al-Mahdi, Harun Yahya

VCD

  • Ashabul Ukhdud, Perjuangan Keimanan Melawan Raja Sihir, Ikhlas Media
  • Tragedi Fir’aun, Seri Film Pengetahuan Populer Harun Yahya, NCR Production

Judul Buku yang Menarik Perhatian Anak


Omong-omong tentang judul, pernah lho ada yang bertanya, kenapa sih mesti mencantumkan kata "ajaib"?

Mungkin ya, dalam benak si penanya, ajaib itu seakan-akan terjadi begitu saja tanpa ada suatu usaha. Padahal segala sesuatu itu ada berkat kuasa Allah swt.

Semua terjadi adalah berkat kuasa Allah swt., tentu saja benar.

Begini, ini adalah buku untuk anak-anak. Saya mencantumkan kata-kata “ajaib” dalam judulnya karena saya ingin menyamakan dahulu pemikiran anak-anak pada cerita-cerita yang biasanya menarik bagi mereka.
Dengan daya imajinasinya, biasanya anak-anak suka membayangkan hal-hal yang tidak biasa, yang di luar nalar atau serba ajaib.
Nah, jika kita melihat kisah-kisah dalam Al Qur’an pun ada kejadian-kejadian yang berkat kuasa Allah swt. semata maka sesuatu yang di luar nalar pun bisa terjadi.
Contohnya seperti yang diceritakan dalam kisah sapi betina di mana orang yang meninggal dapat hidup lagi dengan dipukul oleh anggota badan sapi betina. Ajaib, bukan? Di luar nalar manusia. Dan saya mencoba mengarahkan anak-anak bahwa keajaiban itu berkat kuasa Allah swt.

Kisah Qarun dalam Al Quran dan 14 Kisah Lainnya
Lalu, kisah apalagi sih selain kisah sapi betina?

Oh, banyak!


via GIPHY

Contohnya nih. Kita mungkin sering mendengar istilah “harta karun”. Namun tahukah kita jika istilah karun diambil dari nama seorang kaya bernama Qarun yang hidup di jaman Nabi Musa a.s.

Selengkapnya ini dia kisah-kisah yang ada di dalam buku 15 Cerita Ajaib dalam Al Quran:

  • Kisah Sapi Betina (sumber: Al Baqarah: 67-74)
  • Nabi Musa dan Nabi Khaidir (sumber: Al Kahfi: 60-82)
  • Harta Qarun (sumber: Al Qasas: 76-83)
  • Jenderal Thalut (sumber: Al Baqarah: 246-251)
  • Peristiwa Hari Sabtu (sumber: Al Araf: 163-170)
  • Nabi Uzair (sumber: Al Baqarah: 259, At-Taubah: 30)
  • Ucapkan, Masya Allah! (sumber: Al Kahfi: 32-46)
  • Ucapkan, Insya Allah! (sumber: Al Qalam 17-33)
  • Zulqarnain dan Yajuj Majuj (sumber: Al Kahfi: 83-98)
  • Maryam (sumber: Al Imran 33:47, Maryam: 16-34)
  • Ashabul Kahfi (sumber: Al Kahfi: 9-26)
  • Ashabul Ukhdud (sumber: Al Buruj)
  • Runtuhnya Bendungan Ma’rib (sumber: Saba: 15-20)
  • Pasukan Bergajah (sumber: Al Fiil)
  • Isra Mi’raj (sumber: Al Isra)

Kisah Nabi dalam Al Quran

Mungkin ada orang tua yang bertanya bukankah Kisah Nabi dalam Al Quran juga ada? Tentu saja ada.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas sekilas, untuk kisah nabi dalam Al Quran, saya sudah terlebih dahulu menuliskannya dalam buku saya yang berjudul “Kisah Seru 25 Nabi dan Rasul”.
Alhamdulillah sampai saat ini buku tersebut sudah sampai cetakan 5 dan menjadi buku Best Seller Nasional. Jika berminat, buku tersebut bisa dibeli di Tokopedia atau marketplace lainnya. Silakan dicari dengan kata kunci: kisah seru 25 nabi.
Demikian pula dengan buku "15 Cerita Ajaib dalam Al Quran", dapat dibeli di Gramedia, toko buku online dan marketplace juga.

3 komentar:

  1. selamat ya mbak udah cetul ke 5. semoga membawa kebaikan dan anak2 yg baca akan mencintai alquran

    BalasHapus
  2. Anakku udah punya 25 cerita seru nabi dan rasul. Tetiba minat ngeliat di online buku judulny 15 kisah dalam alquran.. ternyata penulis nya sama.

    BalasHapus