Jumat, 18 Januari 2019

Punya Ubi Jalar Kukus Sisa? Manfaatkan Jadi Kue Gandasturi


Mak, pernah gak masak ubi jalar kukus terus nyisa?

Kalau di saya sih sering. Kebetulan Pak Suami suka dan percaya sama manfaat ubi jalar untuk pencernaan. Masalahnya anak-anak kurang suka. Mungkin karena penampilannya ya. Tapi, kalau sudah saya olah ulang menjadi kue gandasturi itu sih dijamin amblas sampai akhir.



Saya cari resep kue gandasturi di google kebanyakan yang muncul kue gandasturi berbahan dasar kacang ijo. Tapi setelah saya search dengan kata kunci kue gandasturi ubi, ternyata ada juga yang bikin kue gandasturi ubi.

Kenangan Tentang Kue Gandasturi


Bagi saya kue gandasturi ubi menyimpan kenangan indah di masa kecil.

Ada tetangga di belakang rumah saya bernama Wa Oyoh. Sekarang beliau telah almarhum. Beliau jualan macam-macam kue bikinannya sendiri seperti pisang goreng, bala-bala, gandasturi dan lain-lain.

Setiap pagi sekali sebelum berangkat sekolah, saya selalu diminta nenek untuk beli kue ke rumah Wa Oyoh. Saya masuk ke dapur Wa Oyoh dan nampak Wa Oyoh sedang duduk di depan kompor dengan penggorengan besar. Wa Oyoh belum selesai masak.

Saya disuruh Wa Oyoh duduk di jojodog (bangku kecil dari kayu). Sementara itu saya dipersilakan makan salah satu kue yang ada di situ dan GRATIS. Itulah yang menyenangkan bagi saya. Karena nanti nenek akan memberi saya satu kue juga sebagai upah saya sudah membelikannya kue. Jadi pagi itu, saya bakal dapat dua potong kue gratis. Masih hangat pula, langsung dari penggorengan.


via GIPHY

Saya tidak pernah bertanya pada Wa Oyoh apa resep kue gandasturi-nya. Waktu itu tidak pernah terpikir. Sekarang bikin kue gandasturi pun ya dikira-kira saja bahannya. Namun tetap saja di rumah laku keras hehe...

Bahan Resep Kue Gandasturi :

  • Ubi jalar kukus, kupas cangkangnya.
  • Gula merah disisir halus (di sini saya menggunakan gula aren semut biar mudah).
  • Tepung untuk pisang goreng.

Cara membuat Kue Gandasturi :


  • Haluskan ubi jalar kukus dengan sendok atau jumbo choper.
  • Masukan gula semut, aduk merata. 

  • Bentuk adonan ubi jalar, sisihkan.
  • Buat adonan tepung pisang goreng dengan air bersih.
  • Celupkan adonan ubi jalar yang sudah dibentuk ke adonan tepung. 
  • Panaskan minyak goreng. Goreng dengan api sedang. 
  • Balikkan jika sudah menguning dan angkat saat warna kuningnya telah merata. 
  • Kue Gandasturi siap disajikan dengan teh.
Oya, yang saya bikin kue gandasturi di atas ubi yang warna kuning. Sedangkan untuk ubi ungu bisa dimanfaatkan menjadi penganan lain yaitu Puding Ubi Ungu, resepnya di sini.

Manfaat Ubi Jalar


Seperti sudah saya bilang di atas kalau penampilan ubi jalar kukus itu memang kurang menarik di mata anak-anak. Namun jika melihat manfaatnya, kita memang mesti mengupayakan supaya anak-anak mau memakannya.

Salah satu contoh manfaatnya adalah ubi jalar mengandung antioksidan. Semakin pekat warna ubi jalar maka kandungan antioksidannya pun semakin tinggi.

Kandungan Gizi Ubi Jalar


Selain kaya dengan betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, B kompleks, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium dan seng.

0 Comments:

Posting Komentar